Dosen: Apakah di SIKOLA 2.0 tidak bisa membuat kelas master?

Dosen: Apakah di SIKOLA 2.0 tidak bisa membuat kelas master?

by ADMIN NEOSIKOLA - -
Number of replies: 0

Pada Chamilo yang digunakan pada Sikola sebelumnya, untuk membuat kelas master dengan cara menggunakan fasilitas Backup kelas atau dengan fasilitas tambahkan sesi/kelas paralel, kemudian membuat kelas parallel nya dan menduplikasi kelas yang telah dibuat sebelumnya ke kelas baru. Proses ini dilakukan pada kelas master

backup

sesi

Hal yang sama pada SIKOLA 2.0, untuk menduplikasi kelas dilakukan dengan terlebih dahulu membuat kelas utama (master) yang telah lengkap, kemudian diduplikasi dengan menu course reuse. Pada menu course reuse dapat menggunakan langsung tanpa melakukan proses backup atau dengan menggunakan backup file yang telah dibuat sebelumnya. Namun berbeda dengan SIkola versi sebelumnya, proses duplikasi dilakukan di kelas tujuan (kelas parallel)

course reuse backup

Jadi, baik SIKOLA versi sebelumnya dan SIKOLA 2.0 sama-sama memiliki fasilitas untuk menduplikasi kelas yang sebelumnya dipahami sebagai kelas master dan kelas parallel. Namun, metode proses duplikasinya berbeda, pada SIKOLA versi sebelumnya, proses duplikasi dilakukan di kelas master, sedangkan pada SIKOLA 2.0, proses duplikasi dilakukan di kelas tujuan (Paralel). Namun, salah satu kelebihan dari SIKOLA 2.0 yaitu kelas yang akan diduplikasi telah tersinkronisasi dengan NEOSIA sehingga tinggal dilakukan duplikasi dari kelas yang telah lengkap dibuat sebelumnya dan tidak perlu membuat kelas baru lagi.